Rabu, 14 November 2007

Studi kasus: Proksemik

Diposting oleh Corat. Coret. Chinta. di 03.23
Biar blog kali ini ga terlalu “nyampah”, pengen bagi-bagi ilmu nih.. Biar lo semua tambah pinter okey?

Gw pernah tinggal satu atap (bukan satu kamar ya!)sama temen gw, cowo, (semoga dia ga baca ini. Amiin. Tapi kalo baca, pura-pura ga tau aja ya!). Sebenernya dia baik, tapi ga tw tuh, gw ngerasa ga nyaman aja. Bawaannya pengen jauuhaaaann mulu sama dia!

Ga ada yang salah ama dia. Dia sopan, ngehargain gw, ga pernah bikin gw marah, ga pernah bertengkar.. eh, pernah deng. Dia pernah bikin adik gw ngamuk ke gw! Uh.. dia yang cari gara-gara, gw yang kena amuk!

Oke, lanjut. Waktu itu gw bener-bener ga ngerti. Kenapa sih dengan gw..! Dia ga salah apa-apa, tapi kenapa gw males ketemuan, males ngobrol, pengen sendirian. Intinya.. gw ga suka sama hubungan ini!

Pada akhirnya, ketika kita pisah, rasanya seeeenneeeeeeeennngggg…..banget! Kayak bebas dari penjara! (Emang lo pernah dipenjara, Ta?)

Kenapa ya?

Dan.. ternyata gw dapet jawabannya di Fikom!

Salah satu bentuk komunikasi nonverbal adalah proksemiks (jarak & ruang). Setiap orang memiliki jarak pribadi yang memisahkan dia dengan orang-orang di sekitarnya. Semakin dekat hubungan seseorang, semakin dekat jarak fisiknya.

Kita tidak membiarkan orang asing masuk ke dalam jarak pribadi kita. Itu akan membuat kita tidak nyaman & merasa privacy kita terganggu. Contoh lain misalnya

- Kalo naik bus yang agak kosong, kita pasti ngisi tempat duduk yang kanan-kirinya kosong. Padahal kan bias aja kita memutuskan untuk duduk disebelah siapaaa gitu, apalagi kalo orangnya cakep ;p

- Dua orang berlawanan jenis masing-masing duduk di ujung bangku panjang. Ngobrol. Dari jaraknya, kita menduga mereka pasti temenan. Tapi kalo mereka berdua duduk bersebelahan, nempel malah. Mereka ga ngobrol pun kita yakin kalo mereka pacaran!

Hmm.. okey. Mungkin itulah salah satu yang membuat gw ga nyaman. Ya sih.. secara gw pake jilbab. Gimana gw ga ngerasa dibatasi..? Rumah yang seharusnya jadi tempat yang paling bebas ngapain aja.. tapi karena ada dia… gw kan jadi ‘susah gerak?’

Sepertinya dia sadar akan hal itu, & sekarang benar-benar menjaga jarak sama gw. Sebenernya sih sedih… gw udah kehilangan dia…hiks..hiks..

Buat seseorang.. yang pernah mau nginep juga di rumah gw.. Maaf kalo gw harus nolak. Gw ga mau kehilangan lo seperti gw kehilangan dia.. Dia yang sikapnya so sweet & almost perfect gitu aja bisa banget bikin gw ga nyaman, apalagi lo yang sering bikin gw kesel!! Bisa-bisa rumah yang kayak surga malah jadi neraka! He..he.. Maaf ya..

Gw ga mau hal kayak gitu keulang lagi.. Cowo yang bakal tinggal satu rumah sama gw ya… suami gw doooonngg….!!!

1 komentar on "Studi kasus: Proksemik"

Roberto Edward on 18 November 2007 pukul 07.08 mengatakan...

shinta aku punya usul, ntar2 km buat peta aja,, trus dikasih judulnya "BATAS TERITORIAL SINTA - selain suamiku, dilarang masuk!",,, lalu kasihin tuh si peta ke orang2 yang sinta kenal... biar ntar2 ga ada orang yg salah masuk lagi... hahaha...

Posting Komentar

 

Corat. Coret. Cinta. Copyright 2009 Sweet Cupcake Designed by Ipiet Templates Image by Tadpole's Notez